Badan PBB UNIDO Berangkatkan 18 Mahasiswa STP Magang

JAKARTA – Sebanyak 18 orang mahasiswa Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Jakarta yang telah terpilih dalam The Internship Programme UNIDO (United Nations Industrial Organization Indonesia), akan diterjunkan ke unit-unit usaha perikanan yang tersebar di Indonesia. Lokasi-lokasi usaha perikanan yang akan menjadi tempat magang para mahasiswa dan mahasiswi STP Jakarta tersebut yakni Jawa, Sumatera, Sulawesi, dan Bali.

Peluncuran resmi program The Internship Programme UNIDO ini akan diselenggarakan pada 12 Februari 2018 di kampus STP Jakarta, Jalan AUP Raya, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Menurut Chief Technical Program Smart Fish Indonesia, Sudari, ini merupakan program magang perdana yang diluncurkan SMART-Fish Indonesia untuk STP Jakarta. Mahasiswa yang akan turun magang tersebut telah dibekali oleh pelatihan-pelatihan SMART-Fish Indonesia dengan STP Jakarta, yang diadakan sebelum mereka dinyatakan lolos terpilih.

Selain mahasiswanya, pelatihan juga diselenggarakan bagi dosen-dosen dan pembimbing para mahasiswa. UNIDO, melalui program SMART-Fish Indonesia yang didanai oleh pemerintah Swiss, mensponsori biaya magang ini termasuk untuk para dosen STP Jakarta.

Berdasarkan catatan Indonesia Trade Center (ITC) pada awal 2017 lalu, energi positif menambah semangat bagi sektor industri perikanan Indonesia. Data ITC menunjukkan, selama periode 2012-2016 ekspor perikanan Indonesia mengalami pertumbuhan yang melampaui Cina.
Selama periode tersebut, rata-rata ekspor perikanan Indonesia tumbuh 2,31 persen per tahun, sementara pertumbuhan ekspor Cina di periode yang sama hanya 2,29 persen. Ini berarti geliat sektor kelautan dan perikanan Indonesia semakin hebat efeknya terhadap pertumbuhan ekonomi negara.

Dari realitas tersebut menunjukkan bahwa Indonesia sedang terus melakukan peningkatan daya saing industri dalam negeri. Salah satunya, dipacu melalui efektifitas serta efisiensi produksi. Dengan produksi yang efektif, maka waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan banyak produk yang unggul dan kompetitif akan relatif lebih singkat. Sehubungan dengan itu, biaya pun dapat dihemat atau efisien. Upaya peningkatan produksi perikanan dan kelautan ini salah satunya diwujudkan dalam program magang (internship) mahasiswa STP Jakarta bersama Smart Fish Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *